8 Tanda Bisnis Anda akan Gagal

0
4469
Tanda Bisnis Anda akan Gagal

Tanda Bisnis Anda akan Gagal – Bila Anda adalah seorang karyawan, Anda bisa dengan mudah melihat apakah Anda bekerja untuk perusahaan yang gagal. Namun jika Anda adalah sang pemilik bisnis tersebut, lebih sulit untuk  mengakui. CEO dan pengusaha selalu penuh dengan ide dan gairah kreatif, namun sayangnya hal ini dapat menyebabkan banyak asumsi dan pola pikir yang salah. Di sisi lain, Anda harus yakin bahwa Anda realistis mengenai bisnis Anda jika ingin sukses, dan terkadang ini berarti menyerah, dibandingkan terus menerus ngotot. Meskipun Anda mungkin tidak mau mengakui bahwa bisnis Anda gagal, ada tanda peringatan yang seharusnya membantu memberi tahu Anda bahwa inilah saatnya untuk putar haluan dan memulai proyek baru.

Tidak masalah punya bisnis gagal – Henry Ford melakukannya, pun juga Donald Trump, dan banyak lainnya – yang jadi masalah adalah membiarkan bisnis itu berjalan hanya karena Anda masih terus berharap. Mungkin hati kecil Anda mulai menentang: bukankah kita gagal jika kita berkata menyerah? Menyerah pun ada syaratnya. Ada bisnis yang masih bisa dipertahankan, ada juga bisnis yang cepat atau lambat akan mati. Dan, bisnis yang segera mati punya ciri-ciri. Berikut ini ciri-ciri tersebut:

Anda Belum Berbicara Dengan Calon Klien di Lebih Dari Satu Bulan

Anda harus selalu berbicara dengan calon klien, bahkan walaupun posisi Anda saat ini sudah di atas dan punya karyawan. Jika ini tidak terjadi, itu berarti perusahaan Anda tidak memiliki apa yang diperlukan untuk bersaing di pasar, atau karyawan Anda (dan juga Anda sebagai atasan) tidak menarik mereka. Ini adalah masalah besar dan itu berarti perusahaan sedang dalam perjalanan menuju gulung tikar; kecuali Anda masih punya sisa uang untuk membuat perubahan serius.

Tidak Ada Yang Membicarakan Bisnis Anda

Ini sejalan dengan poin barusan. Jika tidak ada yang mereview bisnis Anda, jika lingkaran sosial Anda tidak mengenal bisnis Anda, jika bisnis Anda tidak direkomendasikan oleh teman atau keluarga, jangan-jangan ada sesuatu yang salah. Terutama mengenai review di online dan sosial media. Meninjau bisnis secara online sudah jadi hal wajib di 2017, jadi seharusnya Anda mulai mencari lebih banyak review karena bisnis Anda perlu terus berkembang. Tidak apa-apa meminta review dan testimoni. Jika Anda sudah berusaha untuk meminta dan memperbaiki citra bisnis Anda dan review positif tetap tak muncul, orang mungkin tidak memiliki kesan yang cukup kuat terhadap bisnis Anda, dan itu adalah masalah besar.

Anda Terus Membuat Kesalahan Yang Sama

CEO dan pengusaha tidak melakukan ini dengan sengaja, namun jika Anda terus membuat kesalahan yang sama tanpa menyadarinya saat hal itu terjadi, berarti bisnis sedang mengarah ke jurang. Anda mungkin berpikir bahwa Anda telah memecahkan satu masalah; padahal sesungguhnya yang datang adalah hasil yang sama persis, berkali-kali. Entah ini melalui statistik atau melalui tanggapan klien yang terus terdengar mengerikan, apapun kesalahan yang berulang-ulang terjadi adalah bendera merah. Jika Anda belum dapat mengetahui mengapa Anda membuat kesalahan yang sama berulang-ulang, kemungkinan besar bisnis Anda sedang berada pada kondisi kritis.

Anda Tidak Membayar Tagihan Anda Tepat Waktu

Bisnis yang sukses mampu membayar tagihan tepat waktu. Ini harusnya sebuah prioritas untuk bisnis. Jika karena alasan tertentu Anda mulai tidak sanggup membayar tagihan operasional, bukan berarti bisnis Anda mengalami kemerosotan. Tetap saja ini adalah masalah serius yang memerlukan perhatian dan refleksi dari Anda sebagai CEO atau manajer.

Bisnis Anda Stagnan Dan Tidak Ada Inovasi Selama Berbulan-bulan

Sekali lagi, ini adalah sesuatu yang mudah terlewatkan oleh CEO sampai semuanya terlambat. Jika Anda melihat kembali tahun-tahun yang berlalu dalam bisnis Anda dan menyadari bahwa Anda belum mengubah apapun, bahkan saat perusahaan Anda sedang berada di puncak, bisnis Anda mungkin sedang dalam perjalanan menuju kegagalan. Bahkan perusahaan papan atas pun harus mengalami perubahan dan inovasi agar terus bergerak maju. Stagnansi adalah salah satu hal terburuk yang bisa terjadi pada perusahaan, yang menakutkan karena mudah terabaikan.

Anda Memiliki Tingkat Turnover Karyawan Yang Tinggi

Jika karyawan Anda tidak betah, Anda akan menghabiskan banyak waktu untuk melatih dan mewawancarai calon karyawan baru, hanya untuk melihat mereka resign dalam waktu beberapa bulan. Ini adalah lingkaran setan dan merupakan peringatan besar bahwa perusahaan Anda sedang dalam masalah. Ada beberapa alasan mengapa hal ini mungkin terjadi  – Anda tidak sering memberi kenaikan gaji , Anda tidak peduli umpan balik dari karyawan, Anda lebih peduli dengan uang dibandingkan kesejahteraan karyawan Anda, dll. – dan sayangnya mendongkrak semangat kerja karyawan yang sudah seperti ini bisa memakan waktu lama. Jika Anda mendapati diri Anda dalam situasi ini, ada kemungkinan Anda tidak memiliki waktu atau sumber daya untuk menyelamatkan diri sebelum perusahaan Anda benar-benar bangkrut.

Anda Tidak Bisa Mempekerjakan Karyawan Baru, dan Karyawan Lama Memegang Beberapa Tanggung Jawab Sekaligus

Jika Anda mendapati situasi ketika satu karyawan resign dan Anda tidak memiliki anggaran untuk mempekerjakan orang baru, lalu Anda memberikan pekerjaan ekstra pada karyawan saat ini, Anda punya masalah besar. Hal serupa juga jika Anda terus mengalihkan karyawan dari satu tanggung jawab ke tanggung jawab yang berbeda dalam departemen. Ini bukan cara untuk menjalankan bisnis yang sukses dan akan menyebabkan Anda mengalami masalah besar pada akhirnya.

Orang Lain Memperhatikan Bahwa Perusahaan Anda Mulai Gagal

Ini adalah akhir segalanya untuk perusahaan Anda. Perhatikan ketika mereka yang bukan orang dalam mulai menyadari ketika bisnis Anda gagal. Jika para karyawan, investor, dan konsumen mulai menyadari beberapa tanda peringatan di atas, bahkan lebih dulu dari Anda, maka bersiaplah untuk mengibarkan bendera putih. Tidak masalah apa yang Anda lakukan agar bisnis Anda tetap berjalan, Anda membutuhkan semua orang di pihak Anda agar tetap sukses.

Demikian tadi beberapa tanda sebuah bisnis akan gagal. Kegagalan memang sesuatu yang sulit diterima, namun jika Anda mampu mengambil pelajaran pahit yang tersembunyi di baliknya, mungkin saja Anda akan memetik hasilnya di bisnis Anda yang berikutnya. Jika beberapa tanda di atas mulai terlihat, sebaiknya Anda segera berbenah. Jika Anda ingin melakukan perbaikan bisnis, Anda dapat menggunakan bantuan konsultan bisnis yang terdapat di Halo Konsultasi. Para konsultan bisnis kami dengan senang hati akan membantu menyelamatkan bisnis Anda dari kegagalan.

Facebook Comments
love
Senang
33%
haha
Terinspirasi
33%
wow
Netral
0%
sad
Sedih
0%
angry
Marah
33%