6 Hal Penting Sebelum Memutuskan Untuk Kuliah

0
1121
Halojasa Hal Penting Sebelum Memutuskan Untuk Kuliah

Setelah menyelesaikan pendidikan di bangku SMA maka saatnya Anda belajar lagi di universitas. Banyak orang yang memiliki harapan untuk sekolah setinggi-tingginya serta memiliki pendidikan yang mana dapat menjamin kehidupan seseorang. Pendidikan memang menjadi salah satu investasi yang berharga karena tidak lekang dimakan waktu. Ilmu yang didapatkan selama menempuh pendidikan juga bisa dijadikan salah satau sarana untuk menciptakan pekerjaan atau mendapatkan pekerjaan. Dan juga untuk mendapatkan pendidikan diperlukan perjuangan yang tidak sedikit. Bahkan  sebelum masuk ke universitas pun Anda harus mengikuti berbagai macam tes akademik. Untuk mengikuti tes akademik ini tidak main-main karena saingan Anda dari segala penjuru. Untuk itu penting menyiapkan bekal sebaik-baiknya. Anda bisa memilih les privat sebagai salah satu cara untuk membantu Anda memahami lebih detail lagi tentang materi yang akan diajarkan. Setelah persiapan belajar yang matang ada hal lain yang harus Anda pertimbangkan sendiri. Berikut 6 hal penting sebelum memutuskan untuk kuliah.

Tujuan Mengambil Pendidikan

Anda tentu sudah tidak asing lagi dengan banyaknya kabar tentang mahasiswa yang gagal menempuh pendidikan dan putus ditengah jalan. Hal ini bisa terjadi pada siapa saja yang tidak memiliki tujuan pasti dalam menempuh pendidikan. Untu itulah hal pertama yang harus Anda tanyakan kepada diri Anda sendiri adalah tujuan yang Anda inginkan. Ketika mendapatkan tujuan yang pasti maka Anda akan yakin untuk terus melanjutkan pendidikan sampai selesai. Tujuan menjadi pondasi awal untuk Anda berjuang pada tahap berikutnya. Jika memang sampai saat ini Anda belum menemukan tujuan yang Anda cari maka Anda bisa berkonsultasi atau pun sharing dengan guru disekolah, atau mungkin dengan guru les serta bertanya pada orang tua dan juga teman-teman. Hanya saja jangan sekali-kali menjadikan keinginan orang tua sebagai tujuan Anda menempuh pendidikan. Pastikan Anda memiliki tujuan sendiri yang memang ingin Anda capai.

Pekerjaan Yang Didapatkan Setelah Lulus Kuliah

Sebagian besar orang berpikir bahwa dengan kuliah maka akan memiliki prospek kerja yang bagus. Jadi kuliah disini hanya untuk mendapatkan pekerjaan. Jika memang Anda juga berpikir seperti ini maka ada baiknya Anda mengubah pola pikir ini. Banyak orang yang memiliih berkuliah di jurusan yang memiliki prospek kerja bagus tetapi nyatanya sampai saat ini mereka masih belum bekerja. Yang harus Anda ingat, kuliah bukan hanya untuk mendapatkan pekerjaan dan selesai. Rasanya akan terlihat sia-sia jika Anda berkuliah selama bertahun-tahun tetapi hanya untuk mendapatkan pekerjaan yang Anda inginkan. Selain pekerjaan, Anda bisa mendapatkan banyak wawasan dan pengalaman yang mana akan membuat Anda lebih baik lagi dalam menjalani kehidupan di masa depan.

Berdoa

Dalam hidup ini Anda tentu memiliki keyakinan pada Sang Pencipta, untu itulah jangan lupa berdoa kepada Sang Khalik agar apa yang Anda lakukan diberi kemudahan.

Hobi Dan Minat

Hobi dan minat bisa saja menjadikan salah satu alasan Anda untuk memilih jurusan di bangku kuliah. Hal ini boleh saja, hanya saja hobi dan minat yang kuatlah yang bisa Anda pilih sebagai jurusan. Minat dan hobi masih bisa Anda kembangkan di luar jam kuliah. Pastikan tujuan awal Anda memiliki hubungan yang kuat dengan hobi dan minat Anda. Anda juga harus yakin dengan hobi dan minat yang Anda miliki apakah benar-benar sesuai dengan tujuan atau tidak. Karena hobi dan minat tidak harus disalurkan lewat pendidikan akademis.

Dasar Memilih Jurusan

Setiap jurusan memiliki tingkat kesulitan masing-masing. Ketika Anda berpikir untuk mengambil jurusan bahasa karena berpikir itu mudah maka Anda tidak benar. Setiap jurusan memiliki standar dan kesulitan masing-masing.  Untuk memilih jurusan Anda bisa memilihnya berdasarkan kemampuan yang Anda miliki. Agar tidak salah masuk jurusan Anda harus mencari informasi sebanyak-banyaknya.  Anda juga bisa memilih bidang studi yang sudah lama Anda tekuni dan memiliki kemampuan dalam bidang ini. Mencari informasi dari berbagai sumber pun sangat penting agar Anda memiliki pandangan lain untuk menentukan pilihan. Selain itu, pertimbangkan pula passing grade jurusan yang Anda pilih. Passing grade akan membuat Anda mengetahui jumlah saingan yang juga menginginkan jurusan yang sama dengan Anda.

Pendapat Orang Tua

 Ketika menentukan jurusan seringkali perdebatan dengan orang tua tidak bisa dihindarkan begitu saja. Bahkan tidak jarang Anda akan menentang apa yang orang tua inginkan. Sebenarnya hal ini tidak perlu terjadi, orang tua selalu memiliki pengetahuan yang luas dan sudut pandang yang berbeda tentang jurusan dalam perkuliahan. Hal ini terjadi karena orang tua sudah lebih dulu berkuliah dan memiliki pengalaman lebih banyak dari Anda. Untuk itu Anda bisa berdiskusi dengan baik-baik, tidak perlu sampai berdebat atau bertengkar hanya karena masalah jurusan. Melibatkan pendapat orang tua akan membantu Anda memiliki pandangan yang berbeda. Memang benar jika nanti Anda yang akan menjalani proses perkuliahan hanya saja saran yang diberikan orang tua untuk anaknya tentu tidak sembarangan. Jika memang ada perbedaan pendapat, Anda bisa menanyakan apa masalahnya sehingga orang tua tidak setuju dengan jurusan atau tempat kuliah yang Anda pilih. Jika memang alasan yang diberikan baik dan masuk akal maka Anda bisa menerima pendapat orang tua. Tetapi jika Anda tidak setuju maka Anda bisa memberikan penjelasan dan menyakinkan orang tua Anda bahwa jurusan atau pun tempat kuliah yang Anda pilih aalah yang terbaik.

Baca juga: 4 Tips Belajar Bahasa Korea Paling Cepat

love
Senang
0%
haha
Terinspirasi
0%
wow
Netral
0%
sad
Sedih
0%
angry
Marah
0%